Mitsubishi Grandis The Hottest Asian Modified Car

Masih ingat dengan Mitsubishi Grandis milik Obet Saputra Jogjakarta di HIN Tour Series Jogja 2014 yang lalu? Ya benar, sosok MPV berwarna pink atau merah muda garapan Galeria Jhon' Speed ini berhasil memboyong lima trofi prestisius di kontes mobil modifikasi paling bergengsi di Tanah Air ini.

Super canggih dan elegan mungkin kata-kata yang cocok untuk menggambarkan ubahan Grandis lansiran tahun 2010 ini. Masuk dalam jajaran MPV kelas menengah ke atas tak membuat pengusaha handphone dan gadget asal Kota Gudeg ini puas dengan segala kemewahannya.

Kepala rumah tangga dengan seorang istri yang dikaruniai dua orang anak ini memberanikan diri untuk mengkustomnya jauh lebih canggih dan elegan.

"Baru pertama kali ini mas ikut kompetisi HIN, saya fokus pada ubahan yang mengacu (mobil) elegan VIP. Makanya saya mengaplikasikan inovasi sistem motorize berbasis (Operating System) OS Android," ungkap Obet saat ditemui Otosia di HIN Jogjakarta 2014 kala itu.

Ya benar, sosok pria paruh baya yang murah senyum ini memang menyukai dunia serba teknologi terkini. Maka tidak heran jika hobinya pada memodifikasi mobil menjadi inspirasi utamanya untuk mewujudkan mobil (Grandis) impiannya.

Tampilan eksterior elegan dari Grandis ia pertahankan untuk mengejar nilai fungsional untuk mobilitas keluarga tercintanya. Hanya saja ia membenamkan teknologi motorize untuk pintu depannya yang bergaya gull-wing dan gaya suicide untuk pintu belakangnya. Warna pink wujud kasih sayangnya terhadap keluarga kecilnya menjadi pilihan yang cocok.

Untuk sektor undercarriage atau kaki-kakinya, ia sengaja memilih aliran kustom oni-camber lengkap dengan sistem air-suspensions 4 titik. "Meskipun mobil keluarga, untuk kontes sebesar ini kan harus punya nilai lebih mas, harus tetap terlihat keren tapi tetap mampu berfungsi normal," ungkapnya.

Sektor interior, tak mau kalah eksentriknya, pilihan warna pink masih menghiasi setiap detail bagiannya. Semua bahan lapisan interior ia ganti dengan menggunakan bahan berkualitas dari merk MB Tech full custom.

Kabin depan masih mengacu pada struktur jok dan dashboard bawaan pabrik. Namun, ekstrimnya terlihat sekali pada kabin belakang yang Obet ubah menjadi sebuah ruangan 'VIP' yang nyaman untuk nonton film dan satu set minibar buffet.

"Saya rasa sisi elegan dan VIP-nya ya ada di bagian belakang ini mas," sahutnya sambil menunjukkan bagian interior belakang kepada Otosia.

Layar LCD TV 32 inci ia pasang di bagian buffet-nya, layar digital ini bisa ia 'sembunyikan' hanya dengan memencet tombol perintah di sistem aplikasi Androidnya. Lantaran, sistem motorize ini juga ia aplikasikan pada bagian ini.

Di lantainya ia benamkan layar LCD TV 42 inci dengan pelindung berbahan kaca transparan. Setidaknya ada ribuan LED yang ia kombinasikan dengan kustom akrilik untuk memberikan efek pencahayaan yang mewah dan atraktif. Audio dengan kualitas premium tak lupa ia sandingkan dengan layar TV besar untuk menyempurnakan kenyamanan ruang 'entertainment' ini.

Urusan mesin juga tidak lepas dari perhatiannya, beberapa part seperti turbocharger dan part lain dari HKS ia 'cangkokkan'. Hebatnya lagi, sistem NOS (Nitrous Oxide System) ia 'suntikkan' ke mesin Mitsubishi Grandis ini.

Jerih payahnya selama tiga bulan untuk mewujudkan impiannya ini akhirnya membuahkan hasil yang manis dengan lima trofi di HIN Jogjakarta 2014 yang lalu. Di antaranya 'The Hottest Asian Modified Car', 'Motorized Master', 'The Scissor Blade', 'Best Mitsubishi' dan 'The Killer Colour'.